8 Fadhilah Dari Membaca Surat Al Mulk

loading...
Fadhilah Dari Membaca surat Al Mulk – Surat Al-Mulk tergolong surat makkiyah yang terdiri 30 ayat, surat Al-Mulk ialah salah satu surah dalam Al-Qur’an memiliki keistimewaan dan keutamaan surat Al-Mulk. Keistimewaan itu sudah telah diketahui oleh beliau sendiri Rasulullah SAW yang mengatakan kelebihan dan khasiat luarbiasa dari surah Al-Mulk dalam suatu sabda-Nya. Dan Rasulullah SAW sendiri menyatakan bahwa surah Al-Mulk dapat menjaga bagi para pembaca dari Azab kubur yang pedih.

Fadhilah Dari Membacakan Surat Al Mulk
Jadi penting sekali bagi kita untuk membaca surat Al-Mulk dengan istiqomah. Adapun fadhilah dan keutamaan mengamalkan membaca surat Al-Mulk (penuhkesukuran).
Fadhilah Dari Membaca surat Al Mulk

Abu Hurairah radhiyala hu’anhu bekata : sabda Rasulullah SAW : Satu surat dalam Al-Qu’ran terdiri 30 ayat ini, saat hari kiamat akan memberi syafaat (atas izin Allah Ta’ala), bagi yang selalu membaca dan merenungkan artinya, Allah akan mengampuni dosa nya.

Dalam riwayat lain “ Sehingga maka dia dikeluarkan neraka, dan dimasukkan dalam syurga (HR abu Dawud no 1400), (At-Tirmidzi no 2891) serta (Ibnu Majah no. 3786), Ahmad (2/229) dan (Al Hakim no 2075 dan 3838). Dan dinyatakan shahih imam al Hakim dan disepakati oleh Imam Adz Dzahabi dan di nyatakan hasan Imam at Tirmidzi dan syaikh Al Albani).

Hadits semakna dengan hadits lain Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah SAW bersabda : surah Al Mulk dalam Al-Qur’an terdiri 30 ayat ini akan membela orang yang selalu membaca nya (didepan Allah Ta’ala) maka sehingga dia akan dimasukan ke dalam syurga,” Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kekuasaan atau kerajaan” (HR ath-Thabarani dalam “Al-Mu’jamul ausath” no 3654) serta “Al-Mu’jamush shagiir” no490 dan dinyatakan shahih Al Haitsami dan Ibu Hajar (dinukil dalam kitab “Faidhul Qadir” 4/115) serta dan dinyatakan hasan syaikh Al-Albani dalam “Shahiihul Jaami’ish shagiir (no 3644).

Imam Muhammad Al Baqir sa berkata : Bacalah surat Al-Mulk karena surat inilah akan menjadi penyelamat siksa kubur.

Beberapa faidah yang penting terkandung dalam hadits ini :

1. Keutamaan hadits ini diperuntuk kan untuk orang selalu membaca surat Al-Mulk, dengan cara istiqomah serta dengan merenungkan isi kandungan dan menghayati artinya.

2. Surat Al Mulk ialah surah dalam Al-Qur’an. Yang biasa dibaca beliau Rasulullah SAW sebelum tidur malam. Karna betapa agung nya kandungan makna nya (HR at-tirmidzi no 2892) serta Ahmad (3/340) dan dinyatakan shahih syaikh Al Albani dalam (ash- Shahihah no 585).

3. Sebagian dari para ulama yang ahli tafsir. Menamakan surat Al Mulk sebagai pelindung atau penjaga serta penyelamat dari azab kubur. (dikitab Tafsir Al Qurthubi 18/205) Namun penamaan ini disebutkan dalam sebuah hadits yang lemah (kita “Dha’iifut tarqiibi wat tarhiib no 887).

4. Al Qur’an akan memberikan syafaat atas izin Allah. Untuk orang membaca dan menghayati artinya serta mengamalkan isinya (kitab “Bahjatun Na azhiriin 2/240).

Sabda Rasulullah SAW : Bacalah Al-Qur’an, karena sesunggunya Al-Qur’an akan datang pada hari kiamat agar memberi syafaat bagi orang yang membacanya (HSR Muslim no 804).
Subhanallah tentang fadhilah membaca surat Al-Mulk yang begitu luar biasanya bagi orang yang membacanya. Marilah kita selalu membaca surah Al-Mulk ini agar nanti menjadi penyelamat siksa kubur Amin dibawah ini adalah video bacaan surat al mulk serta terjemahannya.

loading...

loading...