11 Fadhilah Dari Membaca Surat Al-Waqiah

loading...
Fadhilah membaca surat Al Waqiah – Surat Al Waqi’ah ialah salah satu amalan wirid sangat di kenal sebagai surah penuh dengan Fadhilah dan keistimewaan, selain itu juga merupakan surah ke 56 dalam Al-Qur’an di juz ke 27 yang terdiri 96 ayat ialah surah yang di turunkan setelah surat Thaahaa.
Fadhilah Dari Membacakan Surat Al-Waqiah
Dinamakan Al Waqi’ah sebab di ambil dari kata Al-Waqi’ah, surat tersebut yang artinya (Kiamat), dimaksud ialah surah yang menerangkan mengenai hari kiamat yakni balasan yang akan diterimakan oleh orang mukmin serta orang kafir, khasiat dan fadhilah surah Al Waqi'ah sangat luar biasa seperti dalam hal pembuka rezeki atau kekayaan melimpah ruah.

Fadhilah dari Membaca Surat Al Waqi’ah :

1. Nabi SAW bersabda : Bagi siapa membacakan surat Al-Waqiah disetiap hari. Maka dia tidak akan ditimpa kefakiran.

2. Rasulullah SAW bersabda : Ajarkan surah ini kepada istri-isrimu. Karena surat Al-Waqia’ah merupakan surah kekayaan. (Hadits riwayat Ibnu Ady).

3. Nabi SAW bersabda : Bagi siapa membaca surat Al-Waqi’ah disetiap malam. Maka dia tak akan ditimpa kemiskinan serta kesusahan selamannya. (Riyawat oleh Baihaqi dari ibnu Mas’ud ra).

4. Rasulullah SAW bersabda : Bagi siapa yang membaca selalu surah tersebut setiap dimalam harinya. Maka dia tak akan ditimpa kemiskinan serta kesusahan selama-lamanya, sebab surat Al-Waqi’ah ialah surah kekayaan. Maka bacalah ia dan ajarkanlah semua kepada anak-anakmu.

5. Imam Ja’far Ash Shadiq (sa) berkata : Bagi siapa yang membaca selalu surat Al-Waqi’ah pada malam jum’at. Maka dia akan dicintai Allah, dicintai manusia, dan tidak akan melihat kefakiran, kesengsaraan serta penyakit dunia, Sahabar Amirul Mukimin (sa) bagi beliau ini memiliki keistimewaan dan keutamaan yang tidak tertandingi oleh yang lain (Tafsir Nur Ats Tsaqalayn 5/203).

6. Ubay bin Ka’b berkata Nabi SAW bersabda : barang siapa selalu membacanya. Maka dia dicatat orang yang tidak tergolong orang yang lalai. (Tafsir Nur Ats Tsaqaayn 5/203).

7. Abdullah bin Mas’ud berkata Rasulullah SAW bersabda : Barang siapa membaca ini. maka dia tak akan tertimpa dengan kefakiran selamanya. (Trafsir Nur Ats Tsaqalayn 5/203).

8. Imam Baihaqi riwayatkan dari Ibnu Mas’ud berkata bahwa : Nabi SAW bersabda : Bagi siapa membaca selalu setiap malam. Maka dia tak akan tertimpa kemiskinan.

9. Ad Dailamiy dari Anas Rasulullah SAW bersabda : Surat Al-Waqi’ah ialah surah kekayaan. Maka bacalah ia lalu ajarkan kepada anak-anakmu semuanya.

10. Imam Ja’far Ash Shadiq (sa) berkata bahwa : Bagi siapa merindukan syurga dan sifatnya, bacalah surah Al Waqiah ini, dan Barang siapa ingin lihat sifatnya neraka, bacalah surah As-Sajadah. (Tsawabul A’mal hal 117).

11. Imam Muhammad Al Baqir (sa) berkata bahwa : Barang siapa membaca selalu surah Al Waqiah sebelum tidur. Maka dia akan berjumpa Allah dalam keadaan wajah seperti bulan purnama. (Tsawabul A’mal pada hal 117).
Demikialah tentang fadhilah dari membaca surat Al-Waqi'ah. Begitu luar biasa sekali fadhilah dan keistimewaannya.

loading...

loading...