4 Amalan Dari Rasulullah SAW Hendak Sebelum Tidur

loading...
Amalan dari Rasulullah SAW hendak sebelum tidur. – Banyaknya macam doa wirid yang dapat kita amalkan untuk sehari-harinya, seperti yang telah diajarkan oleh junjungan kita Rasulullah SAW. Amalan doa ini ialah empat amalan yang diajarkan Rasulullah kepada Aisya ra hendak sebelum tidur. Lalu bagaimana doa amalan wirid yang telah diajarkan Rasulullah kepada Aisyah ra ?.
Amalan Dari Rasulullah SAW Hendak Sebelum Tidur
Ketika saat hari mulai larut malam serta rasa kantuk sudah mulai menyerang. Pastinya anda ingin segera tidur diatas kasur yang empuk, akan tetapi untuk seorang muslim penyerahan harus disertai rasa pasrah yang mendalam, yakni pasrah kepada Allah seperti berdoa atau berdzikir lebih dahulu, Seperti telah diajarkan oleh beliau Rasulullah SAW kepada Aisyah ra dibawah ini (nu.or.id).
Saat itu beliau SAW mengatakan kepada Aisyah ra : Yaa Aisyah janganlah kamu tidur terlebih dahulu sebelum kamu mengerjakan empat hal ini :

1. Sebelum kamu menghatamkan Al-Qur’an

2. Menjadikan para nabi sebagai pemberi syafaat bagimu

3. Meminta rindha dari semua kaum musllim

4. Melaksanakan haji dan umrah

Kemudian Aisyah ra pun bertanya kepada Rasulullah. Bagaimana saya bisa dapat melakukan empat hal itu Rasul ?. Rasulullah pun tersenyum kepada Aisyah dan menjawab pertanyaannya.

1. Jika kamu membaca surat Al Ikhlas sebanyak 3x. maka seakan-akan kamu telah menghatamkan Al-Qur’an.

2. Jika kamu bershalat kepadaku dan kepada semua nabi. Maka kamu sama dengan menjadikan kami sebagai pemberi syafaat bagimu.

3. Jika kamu beristighfar pada kaum muslim. Makan kamu telah menjadikan mereka rindha kepadamu.

4. Jika kamu membaca tasbih. Maka seakan-akan kamu telah melaksanakan haji dan umrah.

Itulah empat amalan yang telah diajarkan oleh beliauSAW kepada Aisya ra. dan berikut ini merupakan bacaan dari empat amalan sebelum tidur dari Rasulullah SAW.

قل هو الله أحد .... (3kali)
Qul huwallau ahad …... sampai selesai dibaca hingga 3x

اللهم صل على سيدنا محمد وعلى جميع الأنبياء والمرسلين .... (3)
Allahumma shalli ala sayyidina Muhammadin wa ala jami’il anbiya’ wal mursalin, dibaca 3x

اللهم اغفرلى ولولدي ولجميع المسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات .... (1)
Allahummaghfirli wa liwalidayya wa li jami’il muslimin wal muslimat wal mu’minin wal mu’minat, dibaca 1x

سبحان الله والحمد لله ولا اله الا الله والله اكبر ولا حول ولا قوة الا بالله العلي العظيم  .... (7)
Subhanallah wal hamdulillah wa la ilaha illallah wallahu akbar, wa la haulla wa la quwwata illa billahil aliyyil adhim, dibaca 7x
Demikianlah tentang 4 amalan dari Rasulullah SAW sebelum hendak tidur. Sebagaimana empat amalan sebelum tidur itu yang telah diajarkan Rasulullah kepada Aisyah, maka sebagai umat muslim tentu kita hendak mengikuti empat amalan sebelum tidur yang sudah diajarkan oleh beliau Rasulullah SAW.

loading...

loading...